Friday 2 March 2018

Tutorial Membuat Program Login Dengan PHP untuk Pemula



Pada kesempatan kali titikk0ma.blogspot.co.id membahas tentang Tutorial Membuat Program Login Dengan PHP untuk Pemula. Login biasanya digunakan user sebagai hak akses suatu website, agar hanya orang-orang tertentu saja yang bisa melihat halaman atau website tersebut, tapi kita tetap bisa melihat halaman atau website tersebut asalkan kita mendaftar terlebih dahulu di website yang bersangkutan.

Langsung saja menuju TKP, yang perlu dipersiapkan pastikan anda sudah menginstal Teks Editor, Web Server, dan Browser tentunya.
Jika belum ada :

Download Notepad++ DiSini
Download Sublime Text 3 DiSini
Download Xampp DiSini

Jika sudah instal bahan-bahan yang dibutuhkan, langsung saja mulai untuk Tutorial Membuat Program Login Dengan PHP untuk Pemula.

1. Buat Database terlebih dahulu misalnya b_login, kemudian buat tabel user didalam database b_login yang sudah dibuat, kolom dari table user meliputi id, nama_lengkap, email, username, password. Bisa dilihat seperti gambar berikut :



Kolom id kita buat type datanya Integer(int), primarykey atau kunci utama dari tabel user dan autoincrement sebagai pemberian nomor otomatis. Jadi meskipun tabel id tidak di beri nilai saat tambah data maka akan otomatis terisi sendiri dengan nomor secara otomatis. Perlu diinga jika Type Datanya Integer(int), maka data yang di masukan harus berupa angka tidak boleh huruf dan jika huruf yang dimasukan biasanya angka nol(0) yang mengisinya.

Kolom nama_lengkap kita buat Type Datanya Varchar dengan Length 100(Tergantung Kebutuhan). Untuk Type Data Varchar diisi dengan huruf dan boleh juga disii angka tergantung selera atau kebutuhan.

Kolom email, username, password Type Datanya sama yaitu Varchar, untuk Length atau panjang karakternya tergantung selera pembaca.

Jika Sudah langsung saja klik tombol go dibagian kanan bawah.

2. Selanjutnya kita buat folder didalam htdocs (C:\xampp\htdocs\b\login), untuk posisi folder tergantung pembaca tapi harus berada didalam C:\xampp\htdocs.

3. Buat file index.php didalam folder project pembaca, file index adalah file yang pertama kali dijalankan ketika folder tersebut diakses dan untuk nama file bisa disesuaikan, file ini berisi Form Login berikut scriptnya :

Dari script diatas, ada <form action="proses_login.php" ...>, action maksudnya adalah aksi atau tujuan dari form tersebut ketika tombol Submit ditekan.

4. Kemudian buat file proses_login.php, file ini berisi script proses dari form lgoin sebelumnya berikut scriptnya :

Baris 2 terdapat session_start() adalah kode untuk memulai session. Session biasanya digunakan untuk mengirim data ke beberapa halaman web.

Baris 3 adalah kode untuk koneksi kedatabase, sesuaikan dengan database pembaca biasanya user, password, dan nama databasenya. Dari script di atas, a sebagai User, q sebagai password dan b_login sebagai nama databasenya, jika belum di setting biasanya secara default pengaturanya adalah root sebagai user, passwordnya kosong.

Baris 5 dan 6 kita buat variabel 2 $username = $_POST['username'], $_POST['username'] didapat dari form login sebelumnya yaitu name dari texfield yaitu username, dan utnuk variabel $password sama seperti $username, cuma disini saya tambahkan base64_encode() berfungsi untuk merubah text yang diinputkan di form khusus untuk password saja, jadi apapun yang di inputkan pada kolom password akan di encrypt sehingga datanya akan berubah.

Baris 8 adalah kode perintah menampilkan data berdasarkan $username dan $password yang nilainya didapat dari username dan password yang diinputkan pada form.

Baris 9 kode $query->fetch_assoc() digunakan untuk menampilkan data, jadi setiap menampilkan data harus menggunakan fetch_assoc() atau fetch_array() agar data yang bersangkutan bisa  ditampilkan.

Baris 11 adalah kondisi untuk mengecek username dan password denga kode count($res), $res adalah variabel penmpung dari $query->fetch_assoc() kemudian di hitung dengan menggunakan kode count() dengan nilai sama dengan 0, maksudnya adalah data tersebut di hitung apakah datanya 1, 2, 3 atau tidak ada dan jika datanya tidak ada (0), maka ada pemberitahuan di baris 12 dan 13 yaitu username atau password salah. Untuk pemberitahuannya bisa diganti tergantung selera.

Baris 15 adalah kondisi yang dijalankan ketika lolos dari kondisi pertama atau data username dan password yang diinputkan ada pada database

Baris16 adalah kode pembuatan session $_SESSION['username'] = $username, untuk nama session kita set 'username' yang nilainya adalah $username yang didapat dari username yang diinputkan pada form.

Baris 17 adalah kode pengalihan halaman atau pindah halaman otomatis. dari script di atas kita alihkan  pada halaman home.php.

5. Selanjutnya buat file home.php, file ini akan di tampilkan ketika kita berhasil login. Berikut scriptnya :

Baris 9 adalah kode untuk memulai session. Kode ini wajib digunakan jika ingin menggunakan session dan di letakkan paling atas.

Baris 10 $_SESSION['username'] adalah nama session yang di seting pada proses_login.php yaitu 'username'.

Baris 11 adalah kode utnuk membuka halaman logout, disini session yang sudah dibuat akan dihancurkan atau di hapus.

6. File daftar.php di gunakan untuk membuat akun agar bisa mengakses suatu halaman web yang membutuhkan akun. Berikut scriptnya :

Baris 9 action="proses_daftar.php" adalah link atau tujuan dari form ketika tombol daftar atau submit ditekan.

7. File proses_daftar.php, disini data dari form daftar akan di proses. Berikut scriptnya :

Baris 2 sampai 8 sama fungsinya pada file proses_login.php.

Baris 10 adalah untuk menampilkan data kolom username berdasarkan $username yang didapat dari kolom username pada form.

Baris 11 kode $query->fetch_assoc() digunakan untuk menampilkan data, jadi setiap menampilkan data harus menggunakan fetch_assoc() atau fetch_array() agar data yang bersangkutan bisa  ditampilkan.

Baris 13 adalah kode atau kondisi untuk mengecek data berdasarkan $username, data tersebut dihitung dengan menggunakan perintah count($res) >= 1 yang artinya data tersebut apakah ada 1 atau lebih, jika ada maka  akan ada pemberitahuan bahwasanya username sudah digunakan pada Baris 14.

Baris 17 adalah kondisi yang dijalankan ketika lolos dari kondisi pertama atau username yang diinputkan belum ada yang menggunakan.

Baris 18 adalah kode untuk menyimpan data pada database. VALUES(null, '$nama', '$email', '$username', '$password') urutanya harus sama dengan database, untuk kolom id kita set nilainya null karna kolom id ini akan terisi otomatis.

Baris 19 adalah kode pembuatan session $_SESSION['username'] = $username, untuk nama session kita set 'username' yang nilainya adalah $username yang didapat dari username yang diinputkan pada form.

Baris 20 adalah link atau halaman yang akan dituju secara otomatis yaitu home.php.

Berikut tampilan login, register, gagal, dan berhasil login :






Source kodenya bisa di Download Disini

Itulah kurang lebihnya Tutorial Membuat Program Login Dengan Menggunakan PHP untuk Pemula,
jika ada yang dipertanyakan silahkan komentar pada kolom komentar dan jangan lupa kritik dan saranya agar titikk0ma.blogspot.co.id selalu memberikan artikel artikel yang bermanfaat.
Terimakasih sudah mampir....

No comments:

Post a Comment